Hal Yang Perlu Diperhatikan Untuk Menjaga Kesehatan Rambut

Sebenarnya tidak menjaga kesehatan rambut tidak perlu perawatan mahal di salon. Anda bisa melakukan perawatan-perawatan  sendiri dengan bahan yang lebih sehat dan alami. Perawatan yang alami tentu tidak akan secepat perawatan di salon yang sebagian besar menggunkan bahan kimia yang justru jika berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada rambut.  

Syarat perawatan rambut secara alami alami ini kuncinyaa adalah teratur dan dilakuakan secara terus menerus. Perawatan ini dimulai dari pemilihan makanan yang Anda konsumsi. Untuk mendapatkan rambut yang sehat, kuat dan cantik natural, Anda perlu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung  zat besi dan protein yang banyak terdapat di sayuran hijau, kacang-kacangan, dan buncis.

Kemudian untuk menjaga kesehatah rambut agar tidak mudah rontok Anda harus memperhatiakn beberap hal berikut ini:

1. Jangan mencuci rambut setiap hari

Menurut para ahli, mencuci rambut yang ideal adalah seminggu 3 kali. Hal ini karena rambut memiliki minyak alami yang dirancang untuk melindungi rambut. jika kita menggunakan sampo setiap hari justru akan menghilangkan minyak alami ini sehingga menyebabkan rambut menjadi kering dan mudah rontok.

2. Melakukan pijat kepala secara rutin

Memijat kepala secara rutin akan meningkatkan sirkulasi atau aliran darah di kepala. Aliaran darah yang lancar akan membawa banyak nutrisi yang baik untuk kulit kepala. Kulit kepala yang baik akan menjadikan rambut terlihat sehat dan lebih subur.

3. Jangan menysir rambut ketika masih basah

Hal ini tentu akan menyebabkan rambut rontok ytang sangat banyak, karena rambut yang basah cenderung lebih rapuh.

4. Mengkonsumsi air putih yang cukup

Air sangat dibutuhkan untuk menjaga kulit kepala agar rambut tetap bisa tumbuh dengan subur dan lembab.

5. Hindari mencuci rambut dengan air hangat atau panas

Kebiasaan mencuci rambut dengan air hangat dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan mudah kusut.

6. Gunakan vitamin dan conditioner

Sealain nutrisi yang berasal dari makanan yang kita konsumsi, menggunkan vitamin rambut seminggu 3 kali dan menggunkan conditioner sehabis mencuci rambut akan menjaga kesehatan rambut Anda sehingga tampak lebih lembut, indah dan sehat ternutrisi.

7. Kurangi mengguakan alat pemanas atau catok rambut.

Mengeringkan rambut dengan hair dryer secara berlebihan juga tidak baik.  Panas yang dihasilkan dapat merusak nutrisi yang ada di rambut.Sesekali jika Anda tidak sedang terburu-buru biarlah rambut Anda mengering dengan sendirinya.