Pola Makan Sehat Selama Bulan Puasa

Bagi umat muslim, hidup sehat saat bulan puasa merupakan hal yang biasa dilakukan, karena puasa hukumnya wajib maka setiap umat islam di dunia melaksanakan ibadah puasa, selama ibadah puasa maka makan makanan yang harus di konsumsi tidak boleh di makan sembarangan karena dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan, fungsi organ tubuh seperti ginjal, hati dan limpa yang berfungsi mengeluarkan racun dari dalam tubuh kita setiap harinya.

Racun tersebut salah satunya berasal dari makanan yang banyak di konsumsi. Berpuasa juga dapat membantu mengurangi asupan racun yang masuk, sehingga beban kerja organ di dalam tubuh tersebut bisa berkurang. Tubuh tetap memerlukan makanan yang sehat, sehingga tetap perlu memperhatikan keter aturan pola makan yang baik pada saat bulan Ramadan.

Hidup sehat selama bulan puasa sebenarnya cukup sederhana kita hanya perlu menjaga pola makan selama bulan ini tidak dan tidak terlalu berbeda dengan bulan-bulan seperti biasa. Yang ter penting adalah tetap menjaga keseimbangan nutrisi dari asupan makanan dan cairan selama bulan puasa.

Jenis Makanan yang Tepat untuk Konsumsi Selama Puasa Ada beberapa makanan yang yang dianjurkan untuk di konsumsi selama puasa, di antaranya, Buah buahan,  Konsumsilah  buah kurma atau jus buah yang segar saat berbuka puasa sebagai salah satu pilihan yang sehat Hindari makanan yang terlalu manis untuk menghindari lonjakan gula darah secara tiba-tiba.

Hidup sehat saat bulan puasa di mulai dari makanan – makanan sehat, makan setelah berbuka puasa harus tetap mengedepankan pola makan yang seimbang. Antara lain terdiri atas buah dan sayur, roti atau nasi, ikan atau daging, susu dan produk olahan nya, serta sedikit makanan mengandung lemak dan gula.

Air putih Penting untuk memperbanyak asupan air untuk mengembalikan cairan tubuh dan menghindari dehidrasi, sebaliknya, makanan dan minuman yang tidak dianjurkan, Minuman mengandung kafein Sebaiknya hindari minuman yang mengandung kafein. Sebab, minuman ini bersifat diuretik, yaitu  menyebabkan tubuh mengeluarkan cairan lebih cepat melalui  urine. Teh, kopi, dan minuman bersoda termasuk di antaranya.

Makanan tinggi garam. Beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak di konsumsi saat sahur maupun  berbuka puasa di bulan Ramadan ada makanan dengan kandungan garam yang tinggi. Garam akan menimbulkan rasa haus. Oleh karenanya, batasi konsumsinya termasuk di saat sahur.